You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Artikel

Desa Mengen Bondowoso Terapkan Keamanan Berbasis Digital

Berita Desa

17 Juni 2022

Administrator

463 Kali Dibaca

Bondowoso, Bhirawa
Salah satu desa di Kabupaten Bondowoso yakni Desa Mengen Kecamatan Tamanan terus melakukan pembenahan dalam mempermudah menjaga stabilitas keamanan masyarakat Desa. Salah Desa ini yang berbatasan dengan Kabupaten tetangga yakni Jember itu menerapkan keamanan berbasis digital. Disebut sistem keamanan digital tersebut dengan istilah ‘Kentongan Digital`.

Kepala Desa Mengen, Ahmad Fauzan menjelaskan, bahwa sistem keamanan itu terhubung ke semua perangkat android milik warganya. Kata dia, para warga harus mengunduh aplikasinya di play store. Yang kemudian harus melakukan registrasi ke balai desa setempat. Hal itu dilakukan demi keamanan bersama, karena sistem ini hanya untuk warga Desa Mengen.

 

“Seandainya di Dusun Krajan ada orang yang mencurigakan. Ketik tombol keamanan dipencet oleh warga dusun tersebut. Maka warga yang punya android se-Desa Mengen, akan berbunyi semua,” jelasnya, Minggu (31/5).

Menurut Fauzan, sistem keamanan itu telah dilengkapi dengan informasi lokasi yang akurat. Seperti, apabila ada salah satu warga RT 1 Dusun Krajan di Desa Mengen memecet tombol keamanan itu, maka lokasi tersebut akan muncul di daerah tersebut.

“Maka muncul di semua android warga, bahwa yang terjadi gangguan keamanan di Dusun Krajan RT 1,” terangnya.

Jadi, setelah diketahui ada gangguan keamanan maka warga atau pihak pemerintahan Desa bisa berkoordinasi dengan Polsek atau Polres Bondowoso.

Akan tetapi, Kades Mengen pun menjelaskan bahwa pihaknya telah mengingatkan para warganya, agar tak memainkan tombol keamanan tersebut. Jika kemudian, bila ada salah satu warga yang sengaja memencetnya tanpa ada alasan atau sekedar main-main saja, maka akan ada sanksi.

Adapun inovasi yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Mengen, Kecamatan tersebut mendapatkan apresiasi dari Komandan Kodim 0822 Bondowoso Letkol Inf Jadi, S.I.P. Kata dia, penerapan kentongan digital tersebut dapat mempermudah warga Desa setempat dalam melapor ancaman keamanan dengan cepat.

“Tinggal bagaimana masyarakat diedukasi agar merasa memiliki sistem ini. Setelah itu, pelaksanaannya pun harus maksimal,” terangnya. [san]
Teks foto : Pemerintah Desa Mengen Kecamatan Tamanan Kabupaten Bondowoso terapkan aplikasi digital untuk keamanan Desa setempat.

Sumber: Bhirawa Online
Author by: 

Komentar Artikel

Bangga menjadi bagian dari desa Mengen. Semoga desa kami semakin maju dan selalu memberikan pelayanan serta inovasi terbaik guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

– Fuadz Hasyim, 24 Desember 2022 17:23:08

Tinggalkan Komentar

CAPTCHA Image