You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Artikel

  • Beranda Berita DesaMENILIK KEGIATAN RUTIN SENAM PAGI DI KECAMATAN TAMANAN KABUPATEN BONDOWOSO

MENILIK KEGIATAN RUTIN SENAM PAGI DI KECAMATAN TAMANAN KABUPATEN BONDOWOSO

Berita Desa

17 Juli 2023

Administrator

164 Kali Dibaca

Dokumen pribadi: Kegiatan Senam Pagi di Kecamatan Tamanan Kabupaten Bondowoso

 

Pada hari Jum’at (14 Juli 2023) pukul 07.00 WIB sudah berkumpul banyak masyarakat serta perangkat kecamatan di lapangan yang berada tepat di seberang kantor Kecamatan Tamanan, Kabupaten Bondowoso guna melaksanakan senam pagi. Kegiatan senam pagi ini dilakukan setiap satu bulan sekali, tepat di hari Jum’at. Awalnya, kegiatan ini hanya dilaksanakan oleh para pegawai di kecamatan, tetapi seiring dengan berjalannya waktu, para kades (kepala desa) yang ada di Kecamatan Tamanan sepakat untuk mengajak warga kecamatan berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. 

Jargon yang diusung dalam kegiatan senam pagi ini bernama CERDIK. C artinya cek kesehatan, karena setelah kegiatan senam pagi selesai dilaksanakan, maka para warga dipersilakan untuk mengecek kesehatannya secara gratis. Cek kesehatan yang difasilitasi adalah cek tensi darah. Kemudian E artinya enyahkan asap rokok. Selama kegiatan senam pagi berlangsung, warga tidak diperbolehkan untuk merokok. Sementara R artinya rajin melakukan aktivitas fisik. Aktivitas fisik yang dilakukan tentu saja tidak terpaku pada kegiatan senam sebulan sekali. Namun harapannya, masyarakat setempat dapat melakukan aktivitas fisik lebih banyak di pagi hari agar tubuh menghasilkan keringat yang berguna untuk membakar kalori dan menjadikan tubuh lebih segar. Selain itu, D artinya diet seimbang. Dikatakan oleh salah satu panitia penyelenggara kegiatan senam pagi bahwa untuk menjaga berat badan agar tetap ideal, masyarakat diharuskan mengonsumsi buah-buahan setiap pagi maksimal setengah kilogram. Namun, perihal diet seimbang, respon masyarakat saat ini masih belum terlalu antusias terlebih harus mengonsumsi buah-buahan sebelum makan nasi. Seperti sebagian besar masyarakat Indonesia yang mengaku belum kenyang apabila belum makan nasi, warga Kecamatan Tamanan belum terbiasa untuk melakukan diet seimbang. Sedangkan I artinya istirahat yang cukup. Terakhir, yaitu K artinya kelola stress.

Antusiasme masyarakat ditambah dengan kedatangan mahasiswa KKN UMD Periode II di empat lokasi Kecamatan Tamanan pagi itu cukup bagus. Mereka sudah datang beberapa menit sebelum senam pagi dimulai dan mengikuti semua gerakan senam dengan baik. Bahkan, Bapak Subhan selaku Camat di Kecamatan Tamanan sempat menyebutkan kalau kegiatan senam pagi akan ditambah jadwalnya menjadi dua kali dalam seminggu.

 

Penulis: Ida Ayu Saraswati

Editor: Sepdiana Warda Nur Rohmah

Tinggalkan Komentar

CAPTCHA Image