You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Artikel

PUSTU MENGEN LAKSANAKAN AGENDA WAJIB IMUNISASI BULAN JULI 2023

Berita Desa

25 Juli 2023

Administrator

146 Kali Dibaca

Dokumentasi kegiatan imunisasi di Desa Mengen pada bulan Juli 2023

Pada hari Senin, 17 Juli 2023, Puskesmas Pembantu Mengen bersama dengan mahasiswa KKN UMD Periode II angkatan 2023 melaksanakan agenda wajib imunisasi. Program ini dilaksanakan tiap bulan. Pada hari itu banyak balita yang mengikuti imunisasi khususnya balita yang berusia di bawah enam bulan. Beberapa imunisasi yang tersedia hari itu antara lain: imunisasi DPT dan PCV. Pada tanggal 17 Juli, Puskesmas Pembantu juga memfasilitasi bayi-bayi yang belum melaksanakan imunisasi sebelumnya. Imunisasi DPT disuntikkan tujuh kali, yaitu pada bayi berusia 2 bulan, 4 bulan, 6 bulan, 18 bulan, 5 tahun, 10 tahun, dan 18 tahun. Sedangkan pada imunisasi PCV disuntikkan sebanyak 4 kali pada usia 2 bulan, 4 bulan, 6 bulan, dan 12 atau 15 bulan. Puskesmas Pembantu Desa Mengen telah mengkoordinasikan sebelumnya mengenai kegiatan imunisasi ini melalui group whatsapp desa. Beberapa tahapan dalam kegiatan imunisasi, antara lain: a). Anamnesis riwayat imunisasi sebelumnya, selain itu juga digali mengenai riwayat penyakit atau gejala-gejala setelah kegiatan imunisasi sebelumnya, b). Penimbangan berat badan, c). Injeksi imunisasi. Kegiatan imunisasi tersebut dilaksanakan oleh bidan penanggung jawab puskesmas pembantu Desa Mengen bernama Bu Bidang Anggi. 
Selain kegiatan imunisasi, puskesmas pembantu Desa Mengen juga melaksanakan beberapa program di bawah naungan puskesmas kecamatan. Tujuannya adalah untuk meningkatkan jangkauan dan mutu pelayanan kesehatan bagi masyarakat di sekitarnya. Beberapa peran dari puskesmas pembantu antara lain:
1). Meningkatkan akses dan jangkauan pelayanan dasar di wilayah kerja puskesmas
2). Mendukung pelaksanaan pelayanan kesehatan terutama UKM
3). Mendukung kegiatan pelaksanaan posyandu, imunisasi, KIA, penyuluhan kesehatan, surveilans pemberdayaan masyarakat, dll
4). Mendukung pelayanan rujukan
5). Mendukung pelayanan promotif dan preventif
Puskesmas Pembantu Desa Mengen sudah melakukan peran yang telah disebutkan di atas. Contohnya pada kegiatan imunisasi tersebut sudah mendukung poin 3 dan 5. Beberapa pasien imunisasi sudah dilakukan anamnesis dengan tepat dan ada salah satu yang tidak memenuhi syarat dilakukannya imunisasi sehingga tidak diberikan injeksi imunisasi. Pemikiran secara kritis sudah dilakukan oleh bidan desa yang bertanggungjawab. Mahasiswa KKN kelompok 63 juga membantu pelaksanaan kegiatan imunisasi tersebut. Diharapkan program dan peran tersebut tetap dilakukan sebagai upaya optimalisasi kesehatan di Desa Mengen.


Penulis: Sepdiana Warda Nur Rohmah
Editor: Ida Ayu Saraswati

Tinggalkan Komentar

CAPTCHA Image